Categories
Pusat

Bukan Sekedar Slogan

1 Yohanes 3 : 11 – 18

Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran (ay 18)

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan manusia lain agar dapat memiliki kehidupan yang lebih baik dan lebih menyenangkan. Manusia tidak dapat hidup sendirian. Jadi dibutuhkan relasi antar manusia. Untuk menjalin relasi yang kuat dan bermakna maka kasih dibutuhkan. Kasih adalah pengikatnya. Dengan kasih, relasi timbal balik dapat terjadi dengan baik. Hal ini terlihat bagaimana cara kita memperlakukan orang lain.

Kasih memang sering dikatakan dan dibicarakan. Namun seringkali tidak sampai dilakukan dalam tindakan nyata. Kondisi seperti inilah yang diingatkan Rasul Yohanes ketika ia menuliskan suratnya. Ia mengingatkan jemaat untuk tidak memiliki kasih yang pura-pura. Kasih harus dinyatakan dalam perbuatan dan dalam lingkup kebenaran. Pengertiannya adalah dasar kasih bukan dari diri sendiri melainkan dari Allah yang mengasihi. Kasih yang telah dinyatakan-Nya melalui kematian Kristus di kayu salib. Kasih Allah inilah yang menjadi dasar saling mengasihi.

Namun kenyataan yang terjadi adalah manusia sulit untuk mengasihi sesamanya secara sempurna. Sering terjadi kegagalan yang membawa kepada perselisihan dan perpecahan. Oleh karena itulah, kita perlu menyadari bahwa ketika melakukan tindakan kasih berdasarkan kekuatan diri sendiri maka akan menemukan kegagalan. Melakukan tindakan kasih harus berdasarkan kekuatan dari Roh Kudus yang tinggal dalam hati setiap orang percaya.

Di bulan Diakonia ini, kita kembali diingatkan akan kasih yang dinyatakan melalui tindakan nyata dan dalam kebenaran. Mari kita melihat Saudara-saudara kita seiman satu gereja, apakah kita sudah memperhatikan dan peduli akan pergumulan mereka? Sudahkan kita melakukan sesuatu yang baik bagi mereka? Tidak hanya dalam lingkup segereja, kita pun perlu menyatakan kasih dan kepeduliaan kita kepada orang-orang di sekitar kita yang dijumpai sehari-hari. Biarlah melalui tindakan kasih, dunia melihat kasih Kristus kepada mereka. (am)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *