Categories
Pusat

Setengah Hati

(2 Raja – raja 3:1-5)

Mengikut Tuhan harus sepenuh hati dan jangan setengah hati. Tuhan tidak menginginkan umat-Nya setengah hati mengikuti-Nya. Sepenuh hati artinya penuh kesungguhan menjalankan perintah dan kehendak Tuhan.

 Sebagai contoh orang yang setengah hati mengikut Tuhan adalah Raja Yoram.

Setelah kematian Ahazia, maka saudaranya, yaitu Yoram anak Ahab menjadi raja. Raja Yoram menyingkirkan tugu berhala Baal yang didirikan oleh ayahnya. Namun demikian dia masih tetap seperti Yerobeam, tidak mengizinkan orang Israel beribadah kepada Allah dengan benar. Yerobeam melarang Israel untuk beribadah di Yerusalem dengan membangun tempat ibadah di kota Dan dan di Betel. Ia membuat juga kuil-kuil di atas bukit-bukit pengorbanan untuk menyembah jin-jin, dan mengangkat imam-imam dari kalangan rakyat yang bukan dari bani Lewi.

Kesalahan Yerobeam dan Yoram sama. Mereka telah merancang tata cara ibadah yang tidak sesuai dengan yang Tuhan kehendaki. Oleh karenanya sebagaimana Yerobeam jatuh ke dalam dosa penyembahan berhala demikian pula Yoram. Disini terlihat Yoram dengan setengah hati menjalankan perintah Tuhan. Menyingkirkan tugu berhala Baal namun beribadah dengan caranya sendiri bukan cara Allah.

Ketidak seriusan menjalankan perintah Tuhan terlihat ketika Yoram berperang melawan Moab. Ia tidak meminta petunjuk Tuhan sebelum berperang. Ia menggunakan pemikirannya sendiri dalam membuat stetegi perang. Hal inilah yang membuat ia mengalami kesulitan melawan Moab. Walaupun dibantu oleh Raja Yosafat dan Raja Edom namun mereka tetap mengalami kesulitan.

Sejauh manakah sebagai Murid Kristus kita menjadi pengikut-Nya? Apakah kita sudah sepenuh hati atau setengah hati? Apabila setengah hati maka akan terlihat ketika kita banyak meragukan pimpinan Tuhan. Kita berjalan dengan hikmat dan kepintaran kita sendiri. Mengikut Tuhan harus sepenuh hati. Oleh karena itu mari kita belajar semakin mengenal Tuhan. Semakin mengenal firman-Nya supaya tidak salah jalan. Di awal tahun 2020, mari kita kembali menata hidup kita agar sesuai dengan firman Tuhan. (am)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *